Rabu, 14 April 2010

BEATBOX ?




Dengan menghiraukan fakta bahwa beatboxing adalah suatu element penting hiphop ,beberapa orang masih kurang paham apa itu beatboxing!

Beatboxing adalah seni urban vokal perkusi, yang adalah peniruan bunyi2an drum dan patern ketukan dengan menggunakan bibir, lidah, mulut, tenggorokan, dan suara. Terkadang diasosiasikan dengan image seorang laki2 yg mengenakan topi dengan kedua tangannya yg mengepal dan tertempel pada mulutnya, meludah dan menciptakan suara2 yg indah.

Beatboxing adalah suatu bentuk vokal perkusi dimana sang seniman meniru bunyi2an "beatbox" atau mesin drum. Kini, seiring berkembangnya bentuk seni, para pelaku vokal perkusi menggunakan teknik2 beatboxing dan para beatboxer menggunakan teknik2 vokal perkusi - perbedaannya terletak pada style-nya. Para beatboxer kebanyakan menciptakan lebih banyak style2 musik urban, maka dari itu, beatboxing dapat juga disebut vokal perkusi urban.

Kalo dalam teknik : Beatbox lebih terpaku kepada SOLO Perform dari pada Group Perform....tidak sepertti acapella yang biasanya harus BerGROUP....
tapi untuk BEatboX juga bisa untuk GROUP biasanya paling maximal 4 orang karena jika melebihi itu dalam pengisian sound beatboxnya bisa tertiban atau tidak terdengar URUTANNYA :

Biasanya ada 1 orang yang Megang BEAT.. contoh beat dasar b-t-k-t-b-t-b-b-t-k ,,,, 2 orang effect ,,, dan 1 SCRATCHER

==========
Darimanakah asal termin "beatbox"?
"HUman Beatbox" secara harfiah berarti mesin drum manusia dan beatbox berasal dari 2 kata " beat" "box".

Termin "beat" "box" digunakan sebagai kata slang untuk non-program mesin drum yang pertama disebut "rhythm machines". Sebagai contoh, "Roland TR Rhythm Series" seperti "TR-33","TR-55" yang di produksi pada tahun 1972. Kemudian digunakan untuk mengacu kepada jenis drum machines tertentu - yaitu seperti contoh Roland CR dan TR series terbaru dengan Roland CR-78 yg hadir di tahun 1978.

Namun bagaimana pun juga, mesin Rhythm pertama adalah "the Wulitzer Sideman" yg dibuat sekitar tahun antara 1959 dan 1964, yg hadir dalam bentuk kotak besar - jadi mungkin saja termin "beat box" muncul untuk mengacu pada mesin ini.


Pertama kali beatbox digunakan untuk mengacu kepada suatu rhythm machine adalah pada tahun 1970an dengan ELI CompuRhythm CR-7030 Beat Box.
--------------

0 komentar:

Posting Komentar